RAKOR PENYUSUNAN RENCANA TATA TANAM TAHUN 2019/2020

RAKOR DILAKSANAKAN DI AULA DPUPR BOYOLALI

Boyolali, 30 Oktober 2020

Rakor Persiapan Menghadapi Masa Tanam I Rencana Tata Tanam Periode 2019/2020 di Aula DPU PR Kabupaten Boyolali, dilaksanakan oleh Komisi Irigasi kabupaten Boyolali yang berasal dari unsur pemerintah yaitu Dinas-dinas terkait dan unsur Non pemerintah yaitu perwakilan GP3A dipimpin oleh Kabid PSDA DPU PR Kab. Boyolali

Penyusunan Rencana Tata Tanam dilakukan menjelang awal Musim Tanam untuk menentukan luas tanam, jenis tanaman dan waktu tanam di suatu Daerah Irigasi. Tata Tanam disusun oleh Dinas teknis yang berkaitan dengan irigasi dan pertanian dengan prinsip partisipatif, artinya melibatkan peran serta petani  melalui GP3A untuk mengusulkan luas tanam dan jenis tanaman yang akan ditanam pada Musim Tanam yang akan datang.

Prinsip penyusunan Rencana Tata Tanam adalah keseimbangan antara ketersediaan air yang ada dengan kebutuhan air irigasi.  Ketersediaan air diperkirakan dengan menghitung debit andalan yang didapat dari data debit tahun-tahun sebelumnya dan data-data iklim.  Kebutuhan air irigasi dihitung dari perhitungan kebutuhan air dari tanaman untuk pola tanam yang diusulkan petani.  Penyusunan Rencana Tata Tanam ini penting karena akan mempengaruhi pembagian air satu tahun ke depan sehingga diharapkan permasalahan yang berkaitan pembagian air bisa diminimalisir.   Berikut tahapan proses penyusunan Rencana Tata Tanam. :

BAGAN PENYUSUNAN RTT

Leave a Comment