TINGKATKAN KERJASAMA DAERAH, PEMKAB BOYOLALI GELAR RAKOR SUBUSUKAWONOSRTATEN

Otonomi daerah membawa implikasi  terhadap desentralisasi pembangunan daerah. Artinya Daerah (Kabupaten/Kota) memiliki kewenangan dan kewajiban untuk merencanakan, melaksanakan termasuk membeayai pembangunan daerah. Demikaian pula dengan pembangunan infrastruktur publik seperti infrastruktur transportasi, komunikasi, air minum, pertanian dan infrastruktur ekonomi lainnya menjadi sangat tergantung dari proses perencanaan di daerah (kabupaten /kota).

Masalah kemudian muncul ketika infrastruktur publik yang harus dibangun bersifat lintas daerah. Artinya infrastruktur itu (bangunan fisik, pemanfaatan dan pemeliharaannya) harus melintasi lebih dari satu daerah otonom.

Tidak jarang muncul hambatan kewenangan, birokratis, administratif dan pendanaan ketika daerah-daerah yang dilintasi infrastruktur publik tidak memiliki kata sepakat. Akibatnya infrastruktur yang menjadi kebutuhan publik terhambat untuk dibangun. Rakor Bidang Pekerjaan Umum Sobosukawonosrtaen sebagai upaya  menyamakan persepsi antar Daerah untuk membangun infrastruktur publik lintas daerah dan  yang efektif untuk  mengakselerasi pembangunan infrastruktur public lintas daerah.

Maksud dan tujuan:

Memfasilitasi DPU PR Subosukawonosrten dalam menyelenggarakan Rapat Koordinasi guna menciptakan konektivitas yang kuat antarwilayah, menurunkan biaya logistik, memperkecil ketimpangan, meningkatkan kualitas hidup masyarakat, serta memupus kesenjangan ekonomi antar wilayah di Indonesia, yang pada akhirnya akan  bermuara pada peningkatan daya saing dan stimulus pertumbuhan ekonomi guna mencapai negara maju.

Sambutan dan pengarahan oleh Drs. Masruri ( Sekda Boyolali )

Rakor dilaksanakan setiap tahun secara bergiliran di Kabupaten/Kota untuk Tahun 2020 penyelenggara DPU PR Kabupaten Boyolali dilaksanakan pada tanggal 3 Maret 2020 di Hotel Azima , Ngemplak, Boyolali, acara diawali dengan sambutan, pengarahan dan pembukaan oleh sekda Kabupaten Boyolali dan dihadiri oleh Kepala Dinas DPU PR dan Dinas Perumahan dan Pemukinan se-Subosukawonosraten beserta jajarannya. Adapun materi diskusi perbidang antara lain  padu serasi rencana tata ruang antar batas wilayah kab / kota, pembangunan infrastruktur antara lain pembangunan tebing sungai kewenangan pemerintah pusat, dan indeks standart harga konstruksi.

Peserta Rakor Subosukawonosraten

Leave a Comment